Selasa, 24 Juli 2012

Ditemukan, Mobil "Mr Bean" Tertua di Dunia

Mobil Mini tertua di dunia
Mini dikenal sebagai mobil kecil pabrikan British Motor Corporation di Inggris. Mobil memang  memiliki sejarah panjang sejak memulai debutnya pada tahun 1959.

Bagi pecinta Mini tentunya akan menjadi kebangaan tersendiri jika dapat mengkoleksi varian Mini klasik. Namun tidak demikian bagi David Gallimore. Ia meninggalkan begitu saja Mini klasik pada sebuah gudang Chichester yang dibangun pada 1986 di West Sussex, Inggris.

Dilansir harian Dailymail, Kamis 19 April 2012, mobil ini dimiliki Gallimore pada tahun 1986. Ia membeli mobil dengan mesin berkapasitas 848 cc dengan banderol 497 poundsterling atau sekitar Rp7,3 juta.

Dilihat dari bentuknya ini adalah model Austin Mini 850 Mark I pada tahun 1963. Mobil ini akan dijual dan menjadi kesempatan kepada pecinta Mini untuk memilikinya, "Sebuah kesempatan bagus untuk membeli dan memperbaikinya. Ini adalah Mini tertua di dunia," ujar John Polson, penjual mobil ini.

Ketika dilihat di bagian interior, fitur di dalamnya masih dalam kondisi standar, termasuk instrumen dashboard dan speedometer yang digunakan.

Polson menambahkan bahwa mobil tua yang ditemukan di gudang ini adalah satu dari tiga model Mini tertua yang bertahan hingga saat ini. "Model Mini tua lain sudah diperbaiki bertahun-tahun lamanya," kata Polson menambahkan.

Uniknya, meski mobil ini sudah berkarat, jarak yang ditempuhnya hanya 48.280 km. Meski demikian mobil yang melewati masa dua dekade ini tidak dapat dioperasikan. Mini tua tersebut akan dijual pada akhir bulan April 2012, di Museum Royal Airforce, London, Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar